Memuat...

BMBPSDM Kementerian Agama RI

Memuat halaman...

Layanan Disabilitas

Ukuran Teks

Kontras

Pembaca Teks

Berita

Pentingnya Integritas ASN Sebagai Pelayan Publik

Hafidz Ramadhan

Penulis

Sabtu, 20 September 2025
Pentingnya Integritas ASN Sebagai Pelayan Publik
Latihan Dasar (Latsar) Klasikal Gelombang ke-2 di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung, Jumat (19/9/2025).

Bandung (BMBPSDM)---Puluhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama wilayah Provinsi Jawa Barat sukses mengikuti Latihan Dasar (Latsar) Klasikal Gelombang ke-2 di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung.

Kepala Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, dalam arahannya menekankan pentingnya integritas ASN sebagai pelayan publik yang mampu menjadi teladan, baik melalui lisan, tulisan, maupun gestur sehari-hari.

“Jadilah ASN yang berhasil menerapkan cinta dan kebijaksanaan bagi masyarakat,” pesan Kaban Dhani kepada seluruh peserta Latsar di Bandung, Jumat (19/9/2025).

Kaban Dhani juga mengingatkan bahwa peran ASN bukan hanya menjalankan tugas birokrasi, melainkan juga hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati, tulus, tanpa diskriminasi, dan bebas dari praktik tercela.

“Sebagai ASN harus bisa menjaga sikap dan kepercayaan publik di mana pun berada, baik di dunia nyata maupun di media sosial,” tegasnya.

Selain itu, Kaban Dhani menegaskan agar sebagai pelayan publik berhati-hati dalam setiap unggahan di media sosial karena memiliki dampak besar. “Sangat penting bagi kita semua untuk selalu mempertimbangkan baik-baik sebelum mengunggah sesuatu dan menjaga perilaku di mana pun berada,” ucapnya.

Pada kesempatan Latsar tersebut, para peserta dibekali materi integritas dan profesionalisme. Selain itu, juga diberikan pemahaman bahwa pelayanan publik harus dilakukan sepenuh hati, tanpa diskriminasi, dan senantiasa mengedepankan akhlak mulia.

Melalui Latsar tersebut, diharapkan lahir ASN Kemenag yang berintegritas, profesional, dan mampu menjadi teladan dalam memberikan pelayanan publik bagi masyarakat.

(Hafidz Ramadhan)

 


Editor: Barjah

Fotografer: -