Berita
Tingkatkan Kualitas Layanan, BMBPSDM Bekali ASN dengan Kemampuan Hospitality dan Keprotokolan
Penulis
Bogor (BMBPSDM)---Sekretariat Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) Kementerian Agama melaksanakan kegiatan Peningkatan Kualitas Layanan Umum dan Kerumahtanggaan yang berfokus pada penguatan hospitality dan keprotokolan.
Kegiatan ini bertujuan memperkuat kualitas pelayanan dan tata kelola internal agar lebih profesional serta berorientasi pada kepuasan publik. Hospitalitas menekankan sikap, pelayanan, dan penciptaan lingkungan yang nyaman, sedangkan keprotokolan berkaitan dengan tata aturan, etiket resmi, dan prosedur dalam penyelenggaraan acara atau interaksi formal.
Sekretaris BMBPSDM, Ahmad Zainul Hamdi, dalam arahannya menekankan pentingnya perubahan pola pikir dalam memberikan layanan publik. Menurutnya, kita pasti memiliki pengalaman yang membuat kita bisa membedakan bagaimana pengalaman kita ketika berhubungan dengan instansi swasta dan instansi negeri.
“Mengapa instansi swasta memiliki hospitality yang lebih baik? Karena mereka mendapatkan pelatihan khusus, bahkan sampai di bagian resepsionis,” ujarnya di Bogor, Senin (10/11/2025).
Ahmad Inung -sapaan akrabnya- menyambut baik pelaksanaan peningkatan kompetensi ini karena tidak hanya mengajarkan aspek teknis keprotokolan dan hospitality, tetapi juga menanamkan nilai dasar pelayanan publik.
“Ada yang lebih penting daripada sekadar pelatihan teknis, yaitu mengubah mindset kita untuk melayani dan ramah kepada bangsa ini. Kita harus memastikan bahwa birokrasi kita adalah birokrasi yang baik, melayani, dan berbagi keramahan kepada semua orang,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ahmad Inung juga berpesan agar semangat melayani menjadi bagian dari ibadah dan pengabdian kepada negara.
“Semoga cara kita bekerja dengan baik menjadi kafarat atas ibadah kita yang belum sempurna. Mari kita jadikan BMBPSDM ini instansi negeri yang baik, yang ramah, melayani, dan tidak berkhianat kepada bangsa ini,” ucapnya.
Sebelumnya, Kepala Bagian Umum, Perpustakaan, dan BMN, Rizky Riyadu Taufiq, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai bagian dari upaya upgrading kompetensi pegawai di bidang layanan umum dan kerumahtanggaan.
“Tahun ini fokus kita adalah memperkuat sisi keprotokolan dan hospitality. Secara hierarkis memang belum ada subunit yang secara khusus menangani protokol, sehingga forum ini diharapkan menjadi ruang untuk memperdalam pengetahuan dan praktiknya,” jelas Rizky.
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber kompeten, yaitu Bambang T. Baskoro dari Pusat Pengembangan Aparatur Komunikasi dan Digital Kementerian Komunikasi dan Digital yang membawakan materi Etika Keprotokolan, serta Sudarmono, Founder of Darmono Center, yang menyampaikan materi Basic Hospitality.
Editor: Abas
Fotografer: Eko Muktiawan
Terkini
Menjadi Analis Kebijakan yang Profesional: Antara Kemampuan Teknis dan Integritas Etika
11 Nov 2025
Opini
Ekoteologi: Dari Perintah Agama Menuju Kedaulatan Ekologis
11 Nov 2025
Opini
Dorong Kemenag Berdampak, BMBPSDM Ukur Kinerja Layanan Keagamaan
11 Nov 2025
Berita
Pastikan Efektivitas Pelatihan, LAN Lakukan Benchmarking di Pusbangkom Kemenag
11 Nov 2025
Berita
Pahlawan dan Penjahat
10 Nov 2025
Opini
Berita Lainnya
Dorong Kemenag Berdampak, BMBPSDM Ukur Kinerja Layanan Keagamaan
11 Nov 2025
oleh Dewi Ayu Indah Diantiningrum
Pastikan Efektivitas Pelatihan, LAN Lakukan Benchmarking di Pusbangkom Kemenag
11 Nov 2025
oleh Halimah Dwi Putri
BDK Bandung Hadirkan Pelayanan Publik Berbasis Cinta di Era Digital
10 Nov 2025
Sekretaris BMBPSDM: Policy Brief Harus Fungsional, Bukan Sekadar Dokumen
10 Nov 2025
oleh Abas
Pusbangkom MKMB Tegaskan Pentingnya Program Pelatihan ASN Berbasis Data
09 Nov 2025
oleh Rahmi Siregar